Laman

Sunday, March 25, 2018

DIY Celemek Dapur Menggunakan Kain Ripstop

Masih tentang bikin-bikin DIY bersama kain ripstop. Karena waktu beli kain untuk karpet kemaren dikasih bonus sama penjualnya jadilah kepikiran buat bikin apron buat didapur. Pernah bikin yang serupa dari kain katun tapi ga efektif, cepet kotor karena kotoran nempel. Mudah-mudahan dengan bahan dasar kain ripstop yang tidak mudah menyerap air anti air ini jadi bisa lebih awet bersihnya karena gampang dibersihkan, tinggal di lap aja gitu. Efektif dipakai untuk mencuci piring, supaya cipratan air tidak membasahi baju.

Oh iya perkenalan dengan kain ripstop bisa banget dibaca selengkapnya disini ya
http://www.bulansujud.com/2018/03/diy-karpet-untuk-si-alergi-debu.html

DIY Celemek Dapur / Apron Dapur / Kitchen Apron
 

Alat dan Bahan

DIY apron dapur atau kitchen apron menggunakan kain ripstop, yang perlu kita siapkan adalah bahan-bahan berikut:
  1. Kain Ripstop, saya menggunakan kain perca selebar 40 x 110 cm
  2. Kain perca untuk tali, karena kain ripstop saya terbatas saya menggunakan kain katun untuk tali dengan lebar jadi kurang lebih 2 x 150 cm. ini didapat dari menjahit kain perca, disatukan menjadi pita panjang (A dan B)
  3. Gunting kain
  4. Mesin jahit
  5. Meteran
  6. Benang jahit dengan warna senada

Ilustrasi bahan

Cara Membuat

  1. Untuk memudahkan saya menggunting kain ripstop menjadi 2 bagian sama panjang yakni 40 x 55 cm (C1 dan C2). Dapat dilihat pada gambar ilustrasi pola.
  2. Pita yang terbuat dari kain perca saya potong menjadi 2 bagian:
    - 2 x 60 cm (A)
    - 2 x 90 cm (B)
    - duh ini dibikin perbandingan ala-ala kok gini ya hehe
  3. Jahit bagian C1, C2 juga B pada 1 bagian. Kemudian disusul dengan bagian A sebagai tali leher. Ukuran bisa dikira-kira aja, karena saya pengennya saat menggunakan cukup simple jadi tali leher saya jahit mati.
  4. Kedian sesuaikan bagian C1 mengikuti bentuk tubuh. Potong bagian leher secukupnya, juga bagian badan sebagaimana ilustrasi 
  5.  Celemek Dapur / Apron Dapur / Kitchen Apron sudah jadi dan dapat digunakan.

    Mudah, cepat juga bermanfaat, buat saya hehehehe
     
Tips MenjahitKarena pada bagian bawah kain ini terdapat karet, untuk menjahit dengan mesin saya menggunakan jenis jahitan biasa namun dengan langkah jahitan saya besarkan, direnggangkan supaya tidak merusak kain.

Nah, cukup sekian dulu DIY bikin=bikin kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca blog saya.




ilustrasi pola
Pola dan cara menjahit


Kitchen apron wannabe
Tara,,, celemek dapur sudah jadi

No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung