Laman

Thursday, March 3, 2022

DPLK BNI Simponi bisa 100% Syariah?

Dana Pensiun Lembaga Keuangan DPLK, salah satu rekening yang wajib saya buat ketika menjadi orang gajian karyawan. Perusahaan tempat saya bekerja tidak lagi memberikan pensiunan saat karyawannya memasuki masa pensiun seperti sebelumnya namun hanya akan memberikan dana setiap bulan untuk disetor / dikelolakan DPLK untuk masa pensiun nanti.

Waktu itu pilihan saya pada DPLK BNI yang bernama BNI Simponi, saya membuka rekening ini sekedarnya, tanpa riset berarti, hanya dengan pertimbangan kantor bank nya terdekat dengan kantor hahaha. Siapa sangka ternyata saat ini BNI Simponi menjadi market leader di industri DPLK (1). Saya membiarkan rekening ini diisi saldo otomatis oleh perusahaan bahkan saya kurang memonitor rekening ini. Waktu berlalu sampai suatu ketika perusahaan meminta laporan saldo DPLK, barulah saya mulai mencetak lagi rekening koran rekening DPLK dan terlintas pula keinginan untuk "ganti ke DPLK Syariah kali ya"

Saya berniat memindahkan rekening DPLK Simponi BNI ini ke rekening DPLK BNI Syariah (waktu itu masih blm jadi BSI). Dengan PeDe saya mendatangi bank BNI Syariah terdekat, namun ternyata mereka tidak melayani produk semacam DPLK. Mereka juga menginfokan bahwa DPLK hanya dilayani di BNI konvensional dan untuk pengelolaan dana bisa diminta untuk menggunakan 100% syariah. Wah, menarik ya!

Segera saya mendatangi kantor BNI terdekat dan dilayani dengan baik, dijelaskan dan memang benar pengelolaan dana DPLK Simponi BNI bisa kita pilih dengan 100% syariah. Pengelolaan dana DPLK yang dimaksut disini diistilahkan sebagai "Paket Investasi". Di BNI Simponi ada 7 Paket Investasi sebagaimana berikut:


Saya melakukan perubahan paket investasi DPLK dari yang sebelumnya paket Simponi Moderat (50% Deposito dan/atau Pasar Uang dan 50% Obligasi) menjadi Simponi Likuid (100% Deposito Syariah, Pasar Uang dan/atau Obligasi Syariah). Dengan menandatangani beberapa formulir proses selesai dan inshaAllah dana DPLK BNI Simponi saya saat ini sudah 100% syariah, semoga lebih berkah ya, aamiin.

So, buat teman-teman yang sedang mencari layanan DPLK yang 100% syariah alternatif BNI Simponi mungkin bisa dipertimbangkan. 


sumber:
(1) https://finansial.bisnis.com/read/20210419/90/1383231/kaum-milenial-yuk-intip-dplk-bni-yang-baru-bni-simponi



No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung