Laman

Thursday, April 19, 2012

Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang

Lumajang, tepatnya di desa Senduro terdapat pure Mandhara Giri Semeru Agung yang dibangun sejak tahun 1991 dan masih dalam proses pengembangan sampai saat ini wow.
Pura Mandhara Giri Semeru Agung Senduro Lumajang
Pure Mandara Giri Semeru Agung ini terletak di Desa Senduro, sekitar 17 km dari kota lumajang. Didataran yang tinggi sehingga viewnya semakin bagus. Jika ingin kesana dengan transportasi umum mudah saya. Dari belahan Indonesia manapun kalian hanya perlu ke Surabaya terlebih dahulu kecuali yang disekitar jatim ya, setelah itu dari terminal bis Surabaya silahkan mengambil jalur bis yang menuju Banyuwangi atau Jember. Perjalanan dengan bis dari Surabaya akan menempuh waktu kurang lebih 4 jam. Sampai di terminal Lumajang (Wonorejo) naik angkot (biasanya warna merah) kearah Lumajang kota dan turun di Klojen. Bilang saja sama sopirnya kalau mau ke Senduro. Dari situ banyak angkutan ke Senduro dengan mobil Elf. Naik saja turun di Pura Mandhara Giri, atau paling mentok ya di bawah pura sebelum tanjakan tau naik ojek kalau diturunin di pasar hehe. Perjalanan ke Senduro dari Klojen Lumajang ditempuh sekitar 1 jam dan bisa lebih malah soalnya angkotnya jalannya super pelan-pelan. 
suasana didalam Pura Mandhara Giri Semeru Agung
salah satu Pura Mandhara Giri Semeru Agung
mbak-mbak mejeng di depan Pura Mandhara Giri Semeru Agung
Setiap weekend ada saja rombongan yang berkunjung ke pura ini. Kebanyakan pengunjung adalah dari pulau seberang, pulau Bali. Dan acara paling ramai yang diselenggarakan disini adalah pada saat ulang tahun pure (Piodalan) atau sekitar pertengahan-akhir Juni. Nah kalau pas acara ini rame banget, banyak yang jual-jual souvenir juga. Hampir setiap malam ada acara entah tari-tarian ataupun kayak drama-drama gitu yang asli pemainnya dari Bali, bergilir tiap kabupaten disana. Dan foto-foto dibawah ini diambil saat Pure Mandhara Giri Semeru Agung merayakan kegiatan itu, cekidot..
nyang punya blog walopun kucel mejeng juga :D
poto bareng lakon "wayang"nya :D
tari leak di perayaan piodalan Pur Mandhara Giri Semeru Agung
salah satu tari-tarian pada waktu perayaan ulang tahun pura Mandhara Giri Semeru Agung

nb: CMIIW :)
sumber foto: koleksi pribadi diambil dari periode perayaan Piodalan yang berbeda-beda tahunnya, jadi tiap tahun saya nonton hehe

3 comments:

  1. gk kyk di Lumajang yeee....brasa di Bali :D

    ReplyDelete
  2. kalo liat langsung tariannya langsung pasti keren banget tuh... beruntung yah mba bisa liat langsung.. hehehe

    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

    ReplyDelete
  3. wah harus diagendakan pulang kampung ini kalau pas waktunya Pura nya rame :)

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung