Laman

Wednesday, January 29, 2014

Proses Pembatalan Tiket Kereta Api, Antri Hampir 2 jam

Baru pertama kali ini saya melakukan pembatalan tiket kereta api. Tiket yang saya beli online akhirnya saya batalkan karena diputuskan suami saya saja yang pulang ke "basecamp", jadi saya ga perlu ribeeet ke jkt deh ,, asiiiiik *eh.

Sembari berangkat kerja saya putuskan untuk sekaligus mampir ke stasiun Sidoarjo untuk pembatalan tiket. Diluar dugaan ternyata prosesnya lamaaa, lama antrinya maksutnya. Saya datang sekitar jam 08:30, ditengah-tengah kerumunan orang saya mencoba ikut antrian.

Instruksi dari petugas untuk pembatalan silahkan isi form kemudian ditaruh di box antrian. Oh iya form pembatalan tiket tidak beredar bebas, alias kita harus tanya ke petugas dulu baru deh dikasih sama petugas. Berbeda dengan form pembelian yang tersedia rapi di meja tempat menulis pesanan, eh iya disitu tidak ada tata cara pengisian form pembatalan juga loh, hmmm,,, sayang tadi ga saya poto :(
Akhirnya setelah menunggu lama dan galau nama saya tak kunjung dipanggil. Petugas memanggil nama saya dan memproses permintaan pembatalan tiket kereta api yang sebelumnya saya pesan.
Ada dua cara pengembalian uang/ refund tiket KAI:
1. Transfer, tunggu 30 hari dari hari pembatalan atau maksimal 45 hari. Jika uang tidak kunjung datang ke rekening kita, silahkan komplain ke stasiun KAI online [stasiun besar] dengan membawa rekening koran rekening dan formulir pembatalan tiket yang sebelumnya diberikan petugas. saya pilih opsi ini, karena setelah dipikir-pikir males mau ke stasiun karena antrinya lama
2. Tunai,  tunggu 30 hari dari hari pembatalan, uang akan diberikan secara tunai dengan mengambil ke stasiun.

Setelah dihitung-hitung saya menghabiskan waktu antri hampir 2 jam untuk mengurusi proses pembatalan tiket kereta. Menurut analisa saya ada 2 alasan yang membuat proses ini lama:
1. Tidak ada loket dan petugas khusus untuk pembatalan tiket
Seharusnya di stasiun diberikan petugas khusus untuk pembatalan tiket. Kalau kata petugasnya sih dulu ada petugas khusus untuk pembatalan tiket, tapi sejak KAI sistemnya online jadi petugas ditiadakan, cuma tersisa satu petugas. Nah, kenapa ga sekalian untuk pembatan online juga ya
2. Jaringan komputer yang lambat, seperti dikeluhkan mbak-mbak petugas dan saya juga sempat melihat petugas menelpon beberapa kali dan mengeluhkan kalau komputernya lambat hoho

Form Pembatalan Tiket KAI [stasiun sidoarjo]

Halaman Belakang Form Pembatalan Tiket KAI sebagai tanda bukti

Update ah... ternyata uang refund tiket KAI udah masuk rekening, waktunya sekitar 37 hari (1 bulan lebih). Alhamdulillah :)




8 comments:

  1. Mau nanya gan setelah 30 hari itu agan diam saja menunggu atau berusaha menghubungi pt kai nya ya?

    ReplyDelete
  2. Diem aja gan, males juga mau ngejar2m eh Alhamdulillah langsung ditransfer itu uangnya setelah 37hari hehe

    ReplyDelete
  3. khn di belakang form pengembalian ada tercetak tanggal pengembalian uangnya, berarti dari tanggal tersebut masih molor juga ya gan,
    thank's

    ReplyDelete
  4. aku dah 40hari nih mba, tp lum masuk jg.. nunggu mpe 45hari ja x ya mba, baru ngehubungin KAI'nya

    ReplyDelete
  5. kalau kemarin saya mengajukan pembatalan tiket di stasiun tanah abang per tanggal 11 nov 14 , lalu di bukti blakang form pengembalian akan di kembalikan per tgl 10 Jan 15 via transfer ..tetapi sampai saat ini sy belum terima juga 30 Jan 15... parah banged kinerja kerjanya msh sistem primitif gak mau keluar uang untuk beli sistem spy praktis dan pelanggan tdk mnunggu sampai berbulan bulan..walaupun se indonesia bnyk yg mmbatalkan tiketnya harusnya dikirim pemberitahuan berupa email or sms sehingga tdk mmbuat pelanggan menyita waktu untuk follow up !! pembatalan yg di hiraukan..

    ReplyDelete
  6. aku dua 55 hari malahan, jawabannya suruh tunggu tunggu tunggu dan tunggu sampek hari ke 60, klo hari ke 60 blm dibalikin juga disuruh ambil tunai di loket, PR bangets kan , ngapain capek2 dari awal pilih transfer klo ujung2nya harus ke loket ambil tunai, mana molornya lamooo, tau gituh mah pilih aja ambil tunai 30 hari kemudian bisa langsung di ambil

    ReplyDelete
  7. Yg namanya nasabah pasti rugi.. Batal tiket kena 25%.. Uang kembali pun bisa 30 sd 60 hr
    . Padahal belinya cash loh..
    Lalu kalo perubahan jadwal.. Kena potong juga 25% n kalo tiket yg baru lebih mahal ya harus nombok.. Tapiiiii.. Kalo tiket yg baru lebih murah.. Ya selisihnya gak dibayar... Hahahaha.. Enak toh.. Yg rugi tetep nasabah.. Hidup Indonesiaku...

    ReplyDelete
  8. Kalau komplin gmna ya kak caranya.... soalnya punyaku juga blm kembali uangnya

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung