Laman

Tuesday, August 21, 2018

DIY Permak Baju Polos Dengan Kombinasi Batik

Kali ini saya akan share bagaimana cara mempercantik baju polos supaya lebih menarik atau supaya terkesan baru. Bisa juga disebut membuat baju dengan kombinasi batik yang ternyata cukup mudah loh. Dengan catatan baju atau blouse nya sudah ada atau sudah jadi hehehe. Curang ya? kalau begitu bukan bikin dari awal ya? iya memang bukan. Saya sengaja mengkreasikan baju yang sudah lama saya beli namun tidak terpakai dan tidak menutup kemungkinan untuk kreasikan baju lama juga.

Baju yang sudah lama saya beli ini belum saya pakai karena waktu pemakaian pertama sempat dikomen sama suami tentang warna baju yang katanya mirip seragam dokter operasi. Memang baju yang saya beli warna nya hijau, dan saat beli betul-betul tidak terpikir kalau mirip warna seragam dokter itu. Err,, Iya suami saya memang kadang suka gitu dan bener lagi, sebel kan? Suami teman-teman gimana? *nyari temen hahhaha

Baju polos kombinasi batik
Setelah sekian lama ide untuk permak atau edit baju ini hanya ada di kepala akhirnya kemarin terealisasi juga.

Alat dan Bahan

DIY baju atau blouse dengan kombinasi batik, yang perlu kita siapkan adalah bahan-bahan berikut:
  1. Baju yang akan di permak atau di edit
  2. Kain batik untuk kombinasi, saya beli kain batik katun 1/2 meter seharga Rp18.000,-. Kainnya saya beli di toko kain matahari kediri.
  3. Gunting kain
  4. Mesin jahit
  5. Meteran
  6. Benang jahit dengan warna senada 

Cara Membuat

  1. Sesuaikan kombinasi batik sesuai keinginan. Saya menentukan kombinasi di sisi lengan dan badan dengan bentuk yang mudah dibuat yakni kotak-kotak saja.
  2. Sesuaikan bagian lengan dengan panjang lengan seharusnya. Lengan saya sepanjang 56 cm, sedang lengan baju yang ada tersisa adalah 32 cm, saya potong mengikuti pola baju lama. Sehingga saya membuat 2 kain (untuk kanan kiri) dengan pola persegi panjang ukuran
    - 24 x 62 cm sebelum kampuh, kampuh bisa ditambahkan masing-masing sisi atau sesuai kebutuhan
  3. Jahit bagian lengan mengikuti ukuran yang ada.
  4. Tambahan aplikasi di bagian tengah baju untuk mempercantik dan supaya lebih rame atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  5. Jahit aplikasi tambahan yang diinginkan, saya jahit tanpa memotong kain baju yang ada, saya tukpuk saja.
Hasilnya adalah seperti foto dibawah ini. Gimana cukup cakep kan? semoga menginspirasi.

baju polos sebelum di kombinasi batik








No comments:

Post a Comment

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung