Laman

Friday, December 20, 2019

Bosku Idolaku


Judulnya FTV banget ya? Hehehe. Mohon dimaklumi, tapi saya pastikan tulisan dibawah ini bukan fiktif belaka. Jika ada kesamaan nama, tempat kejadian dan alur cerita memang begitu adanya. 


Lulus Cumlaude penting banget ini disebutin hahaha sebagai Sarjana Teknik dari STTTelkom Bandung pada Oktober 2007 perjalanan panjang mencari jati diri pekerjaan dimulai. Salah satu perusahaan “inceran” saya dan mungkin sebagian besar teman-teman yang wisuda bersama saya kala itu adalah di perusahaan plat merah operator telco terbesar di Indonesia. Yep, Telkom Indonesia, secara kan kuliahnya di kampus yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom, harapannya bisa masuk Telkom dong.

Proses rekrutmen berbeda dengan saat ini yang lebih banyak berbasis online, tapi saya yakin tidak mengurangi esensi dan tujuan dari rekrutmen yakni mencari talenta terbaik dan berbakat. Tesnya apa aja sih? yang kepo lebih lanjut bisa cek di https://rekrutmen.telkom.co.id/.

OS2008 Pleton IV Semasa Bintal, kumus-kumus mode ON 😝

Why Telkom?

Kenapa ingin bekerja di Telkom? Personally, saya pikir akan sangat menyenangkan bisa bekerja sesuai dengan apa yang kita pelajari di kampus (btw saya lulusan Teknik Telekomunikasi) dengan kompensasi yang kompetitif, gaji yang menarik dibandingkan rata-
rata, bonus-bonus, fasilitas kesehatan, bantuan perumahan, cuti tahunan dan cuti besar 45 hari setelah mencapai masa kerja tertentu. Yang menggelitik, salah seorang teman bilang alasan kerja di Telkom supaya nanti kalau ditanya calon mertua gampang jawabnya, “Kerja dimana?” “Di Telkom om” Kelar perkara ga perlu penjelasan panjang lebar, siapa sih yang ga tahu Telkom, gitu! Hahaha.

Living in Telkom

Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah, doa orang tua dan tentunya diiringi usaha belajar yang giat, pada 1 Maret 2008 sampailah saya pada new chapter perjalanan hidup sebagai calon pegawai/ karyawan dalam masa percobaan (KDMP) di perusahaan impian PT Telkom Indonesia.

Bersama 5 orang rekan KDMP jomblo lainnya saya bergabung bersama tim Network Service Flexi Regional Surabaya,  saya merasa wow ini gua banget. Apa yang saya pelajari di kampus menjadi pekerjaan harian, yang sebelumnya saya tahu hanya dari textbook bisa saya lihat dalam bentuk nyata. 

Pengalaman pertama naik pesawat saya rasakan disini, disusul pengalaman mengunjungi lokasi lain hampir diseluruh Indonesia bahkan berkesempatan mengunjungi negeri k-pop untuk kepentingan dinas serta training charging system. 

Geng Calon Pegawai Jomblo

 
Siap-siap mau nonton konser k-pop tapi boong. Itu jaket beli 1 gratis 4 lho, kembaran semua 😂
Berada di lingkungan baru dengan budaya baru, saya harus bisa menyesuaikan diri, ya iyalah masak lingkungannya yang harus disesuaikan buat saya, siapa gue khaan? Bersyukur saya mendapat rekan-rekan kerja rasa keluarga yang saling menyayangi, saling melindungi dan saling membela, udah kayak lirik lagu andalan kami yang berjudul Always The Best pokoknya hehehe.

Manager bos pertama saya, yang muda juga luar biasa ini banyak meng-influence kami, segerombolan anak muda para pegawai baru. Saya sendiri banyak dibimbing untuk dapat mencari data yang valid, menganalisa, menyajikan data secara apik dalam materi presentasi serta motivasi untuk dapat meningkatkan skill bahkan “bermain” sosmed hahaha. Bagaimana tidak, pada awal kemunculan facebook, kami para pegawai baru, hampir setiap hari ditanya “sudah join facebook?” Akhirnya kami-pun join facebook dengan terpaksa hahaha.

Tidak berhenti disini keterpaksaan saya selanjutnya adalah membeli domain blog. Beliau yang notabene adalah seorang blogger senior juga mendorong saya untuk bisa mengembangkan bakat menulis. Sungguh keterpaksaan yang berfaedah bukan? Supaya lebih afdhol sekalian saja saya masuk komunitas blogger.

Kegiatan Komunitas Emak Blogger (KEB) berbagi takjil buka puasa di daerah Taman Bungkul Surabaya

Beliau juga men-encourage kami untuk bisa melanjutkan pendidikan S2. Alhamdulillah saya bisa lulus seleksi program beasiswa untuk karyawan, akhirnya jadi anak kuliahan lagi deh fyuh. Terkejut terheran-heran saat saya mengetahui bahwa beberapa teman sekelas saya adalah karyawan dengan band posisi yang 4 tingkat diatas saya. Surprisingly, beliau-beliau ini sangat humble dan pinter-pinter banget bahkan dosen terkadang kewalahan “meladeni” diskusi. Suatu kebanggaan bisa menjadi teman sekelas orang-orang hebat. Walaupun terasa berat untuk dapat menyelesaikan pendidikan tapi selalu ingat nilai budaya The Telkom Way, To Be The Winner. Pada akhirnya saya harus menang dengan melakukan yang terbaik, mengerahkan seluruh kemampuan, lulus sebagai Magister Teknik, alhamdulillaah.

Wisuda S2 Teknik Telekomunikasi Telkom University

Penasaran siapakah beliau si bos yang banyak menginspirasi saya? Beliau adalah Bapak Setyo Budianto, saat ini menjabat Direktur Digital Consumer PT. Metranet.
Apa yang saya pelajari dari beliau yang dinamis dan kreatif ini adalah spirit untuk senantiasa memberikan yang terbaik, totalitas, antusias dan berintegritas. Mudah-mudahan spirit ini dapat saya ikuti untuk terus mengembangkan potensi diri.


Kindly check and follow his blog https://www.setyobudianto.com/ untuk tahu update seputar digital lifestyle. Oh iya, saat ini beliau juga menjadi youtuber, dan saya-pun ikut-ikutan tapi kali tidak terpaksa hahaha.

Bapak Setyo Budianto



1 comment:

  1. mbaaaaaak, kangeeeeeen maksi *eh loh kaaan.
    Bosku Idolaku, ssst ... beliau idola semua orang ini mah :)

    ps: akupun beruntung bisa dan pernah bekerja denganmu mbakyuuuu :*

    ReplyDelete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung