Laman

Friday, January 5, 2018

Cara Membuat Tali Spaghetti (Tali Sengkelit) Dengan Alat Bantu

Halo, Assalamualaikum teman-teman
Awal tahun 2018 ini ijinkan saya share sedikit pengetahuan saya tentang jahit menjahit. Karena tanggungan sekolah sudah beres saya bisa kembali ke mesin jahit untuk berkarya tipis-tipis hehehe.
Dengan semangat ingin membuat tutorial tentang menjahit minggu lalu saya coba membuat tutorial cara membuat atau menjahit tali spaghetti.
Apa sih tali spaghetti itu? mungkin dikalangan penjahit profesional lebih dikenal dengan sebutan tali sengkelit. Tali sengkelit adalah sebuah tali yang terbuat dari kain yang biasanya digunakan sebagai mengait kancing kebaya. Saya lebih suka menyebutnya dengan sebutan tali spagheti karena bentuknya memang padat berisi bulat kecil seperti spaghetti

ini spageti... spaghetti [1]
Tali sengkelit kebaya [2]

Iseng, saya coba googling dengan kata kunci "tali spaghetti" dan wallaaa yang muncul adalah gambar pakaian-pakaian sexy, duh duh. Akhir-akhir ini memang ada trend baju dengan menggunakan tali spaghetti ini sebagai pelangkap pemanis, obat cantik atau semacamnya. Memang biasanya selain digunakan sebagai kancing kebaya tali ini digunakan sebagai tali tank top (baca: tengtop), dengan menggunakan tali ini kesan sexy memang didapat

Lantas, bagaimana cara membuat tali seperti ini? Bagi yang sudah profesional mungkin sangat mudah, namun mungkin tidak bagi amatir seperti saya. Beberapa kali saya mencoba membuat tali ini tanpa bantuan alat khusus, cukup menggunakan benang dan jarum, namun masih saja berakhir dengan kegagalan zad. Tapi kesedihan saya tak berlangsung lama setelah saya menemukaaan jeng jeng jeng "alat untuk membuat tali spaghetti" (baca dengan aksen doraemon saat mengeluarkan alat dari kantong ajaib biar dapet feel nya hehe)
Alat bantu untuk membuat tali sengkelit/ tali spaghetti dan contoh tali yang sudah jadi

Bagian tersulit saat membuat tali spaghetti atau tali sengkelit ini adalah saat akan membalik jahitan, karena jarak jahitan sangat tipis. Untuk kain harus menggunakan bagian serong dari serat kain untuk menghindari kain "mborodol" -sampai saat ini ditulis saya masih memikirkan kosakata yang tepat-
Untuk step by step pembuatan tali sengkelit atau tali spaghetti saya sertakan link ke youtube channel saya saja ya.
link youtube: https://www.youtube.com/channel/UCmKV255EhLXo1b9HheG2PjA


Nah, sementara cukup sekian dulu yang bisa saya share. Jika ada perbedaan metode, cara, step by step mari kita diskusikan di kolom comment. Terima kasih :)



Source:

[1] https://media.giphy.com/media/lSVEBVd51cVSU/giphy.gif

[2] https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ5iI772ANPT_JbYNoYDZygEqQ4LqFimXvamgaaktJqJm7sk4V2kvEb_o5IOBS09QNlD233lBiGPtnsu1_AkTLTnqUng099p3Rn9UPCbSkn_UW9iR4rJoYvA8Qs4kCHqxFdJd_4-JBo-sf/s1600/06+kancing+sengkelit.jpg

10 comments:

  1. Wah mbaaa haturnuhuunnn aku ga suka jahit sih. Tapi ibu mertuaku demen bgt nih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Wuiiih... Jago nih bikinnya! Sungkem sama ibu Multitalenta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajaran mbak.. tp bukan multitalenta.. asli.. saya ga suka masak hehehe

      Delete
  3. Waktu SMP SMA aku sering bikin baju buat boneka, bikin keset dan selimut dari kain perca dll...ah jadi kangen dengan masa masa itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak.. kembali ke masa itu, seru bikin2 jait2 apa aja dijait hihi

      Delete
  4. mba.. yang ada dalam pikiranku tadi ya spagheti hahaha

    ini pengetahuan baru buatku... karna gak tau tentang jahit menjahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha.. kalao masak2 saya nyerah malahan mbak

      Delete
  5. Mbak tali sengkelit ini bisa dipke buat pengkait kancing? Baju Koko Suami ada yang pke kaitan kayak gambar diatas dan mbrodol beberapa. Tapi saya males bikin kaitannya, bener kata sampean susah membaliknya, haha..
    Baru tau ada alat beginian. Di toko jaitan biasa ada kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake tali kur aja mbyun klo bikin sengkelit susah hehe

      Delete

Silahkan meninggalkan komentar dengan menyertakan nama jelas atau link agar kita bisa saling silaturahim. Komentar tanpa nama alias anonymous tidak akan ditayangkan diblog ini.
Terima kasih telah berkunjung